Pilih-pilih Cat Rumah

Karena sangat jarang berurusan dengan cat rumah, saya dan suami benar-benar awam saat memilih cat untuk ‘menyegarkan’ rumah kami yang sudah berusia lima tahun. Pelajaran yang kami dapat selama bolak-balik nyari cat kira-kira begini:

  • Belanjalah dengan bijak. Pastikan mau belanja di mana, merek catnya apa, butuh berapa kaleng (supaya tidak sering bolak-balik karena kurang) dan yang penting, berapa anggarannya. Beberapa merek menyediakan versi mahal dan murah lho, jadi pilihan makin banyak.
  • Sekarang trend-nya adalah cat oplosan, jadi pilihan warna yang tersedia luar biasa banyak. Catatlah nama cat yang dipilih supaya tidak repot kalau mesti beli lagi di tempat yang berbeda. Kalau belinya di tempat yang sama sih tidak masalah, karena mereka selalu mendata pesanan warna kita dalam buku catatan.
  • Oiya, semakin gelap atau kuat warna cat, harganya semakin mahal.
  • Bila membeli di tempat yang hanya menjual produk khasnya, seperti Ace Hardware, jadi agak sulit karena kalau kurang, ya cuma bisa beli di Ace Hardware lagi. Walaupun sudah berusaha cari cat merek lain dengan warna semirip mungkin, tetap saja hasilnya beda. Gawatnya lagi (buat kami) cat Ace termasuk mahal. 260 ribu per kaleng 5 kg (untuk jenis semi-gloss).
  • Khusus cat Ace ini, kami sempat mengalami kejadian menyebalkan waktu belanja di Ace Living Plaza Cinere. Sudah menunggu satu jam, pas balik ke tempat cat ternyata operatornya tidak bisa menemukan rumus untuk warna yang kami pilih. Padahal waktu ditanya pertama kali, dengan yakin dia bilang bisa. Saya sampai marah-marah ke customer service. Nggak profesional banget! Untung di Lebak Bulus juga ada Ace Hardware, jadi kami nggak perlu jauh-jauh lagi cari cat yang kami butuhkan (dengan terpaksa).
  • Lokasi toko menentukan harga. Jadi rajin-rajinlah ngecek sebelum belanja (kalau ada waktu sih). Sebagai contoh, kami beli cat danabrite di Mitra 10 Depok dengan harga 84 ribu sekian per kaleng. Di HBC Ciputat, untuk warna yang sama, harganya 79 ribu per kaleng. Dan ternyata, di HBC Parung malah 78 ribu per kaleng. Tahu gitu belanjanya dekat rumah aja ya, nggak perlu jauh-jauh ke Depok segala😀

Demikianlah pengalaman kami berburu cat sebulan kemarin. Senang sih, dapat ilmu baru biar nggak bego-bego amat kalau mesti belanja cat lagi.

Semoga bermanfaat🙂

7 comments on “Pilih-pilih Cat Rumah

  1. yauma says:

    Mbak…kmren jadi cat yg dipakai apa untuk interior dan exterior? Lalu yg dipake yg biasa apa semi gloss? Mana yg lebih bagus ya?
    Saya awam bget krna baru punya rumah mbak…
    Makasi sebelumnya

  2. bruziati says:

    Jadinya campur-campur hehehe. Awalnya pake cat dari ace hardware, tapi karena kemahalan, waktu catnya habis kami akhirnya pakai danabrite, untuk eksterior dan interior. Bagus juga kok dan lebih terjangkau.

    Untuk eksterior jelas pakai yang weather-shield. Untuk interior kami pakai yang biasa, bukan semi-gloss karena kami nggak suka kalau warna catnya agak mengilap. Tergantung selera sih. Minta contohnya aja sama petugas di toko, biar lebih yakin.

    Selamat menghias rumah ya🙂

  3. daniel says:

    Kalau saya dekat rumah sekarang ada Mitra10 Grand Cakung Jakarta Timur menggunakan Mitra10 hanya sebagai window shopping, sedangkan belanjanya di toko langganan karena selisih harganya cukup besar juga. Teman dan tetangga juga menggunakan Tip’s & Trik yang sama, selisih harganya cukup untuk biaya tukang.

  4. Mbak, HBC itu singkatan apa sih? Boleh minta alamat atau ancer2 HBC parung, aku tinggal di Pondok Labu, Jaksel dan mau cari cat minggu depan.
    Kalau cat Danabrite yg utk interior apakah bisa dibersihkan dg lap basah (kalau kena coretan pensil warna atau crayon)?
    thank you

    • bruziati says:

      Home Builders Center. Kalo yang di Parung itu nggak jauh dari terminal Parung, sebelah kiri jalan kalau dari arah Cinangka / Sawangan. Di Karang Tengah ada tuh menurut websitenya, kan nggak jauh dari Cinere. http://www.hbcstore.co.id/lokasi

      Kalau soal bisa dibersihkan atau nggak, saya kurang tahu. Lebih baik tanya sama petugas di toko, mereka kan lebih paham produk.

      Sama-sama🙂

  5. fadeladit says:

    lihat disini kalau mau cari cari cat rumah: http://www.cerahmenakjubkan.com/ dijamin dehh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s